15 Jam Pencarian, Nenek Salian Ditemukan Kedinginan Di Tengah Hutan

sungai lasi
foto: Rino S Ladin
Nagari Koto Laweh - Pencarian terhadap Salian (75), warga Jorong Rangguang, Nagari Kotolaweh, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, akhirnya membuahkan hasil. Personel Bhabin Kamtibmas dan Babinsa Kodim 0309 Solok, yang memimpin pencarian akhirnya menemukan Nenek Salian di tengah hutan, dalam kondisi kedinginan, Minggu (11/2) sekitar pukul 11.30 WIB. Nenek Salian, saat ditemukan sedang meringkuk kedinginan dan memegang kayu api yang dikumpulkannya. Sebelumnya, janda tua itu dinyatakan hilang sejak Sabtu (10/2) sekitar pukul 16.00 WIB.

Nenek Salian adalah warga Jorong Rangguang Nagari Koto Laweh Kabupaten Solok dan menggeluti pekerjaan setiap harinya sebagai petani, sang nenek tidak kembali kerumah terhitung sejak Sabtu 10 Februari 2018, dan saksi mata menyebutkan, terakhir kali melihat sang nenek sekira jam 16,00 Wib disaat akan mengambil air disumur milik saksi, namun katanya, itu hanya sepintas saja karena cuaca saat itu sedang hujan.

Karena diketahui sampai jam 20.00 Wib nenek Salian masih belum kembali kerumahnya, pencarian pun dilakukan oleh warga setempat dengan menyisiri jalan yang biasa dilalui oleh sang nenek saat mencari kayu bakar, berselang berapa jam pemcarian dilakukan, tepatnya sekira jam 23.00 Wib ditemukan potongan kain sang nenek dikawasan Bukit Mato Air, Jorong Rangguang Nagari Koto Laweh, pencarian terus dilakukan, namun dikarenakan cuaca hujan akhirnya pencarian diakhri pada jam 00.00 Wib.

Hilangnya nenek Salian menjadi pembicaraan ditengah masyarakat, dan hal itupun dilaporkan ke kantor polisi setempat. Pencarian dilanjutkan pada pagi esok harinya, dan pencarian pada hari kedua tersebut lansung dipimpin oleh Waka Polsek IX Koto Sungai Lasi Ipda Lishardi.

Pencarian dilanjutkan dengan menyisiran kawasan Bukit Mato Air yang merupakan lokasi tempat ditemukannya potongan kain nenek Salian, dan sekira jam 11.30 Wib pencarianpun membuahlan hasil, nenek Salian ditemukan dalam keadaan selamat duduk kedinginan ditengah hutan sambil memegang kayu bakar yang dikumpulkannya.

Ipda Lishardi saat dikonfirmasi media ini mengatakan, setelah ditemukan dengan selamat, nenek Salian dibawa keluar dari dalam hutan dengan cara digotong dengan tandu darurat oleh Babinsa dan Bhabimkantipmas yang ada, dan selanjutnya dibawa ke RSUD Solok dengan mobil ambulance yang sebelumnya telah dihubungi oleh pihak kepolisian.

Waka Polsek itu juga mengakui, keberhasilan dalam menemukan nenek Salian yang hilang, tidak terlepas dari Sinergitas antara Babinsa Kodim 0309 Solok dengan jajaran Polres Solok Kota, dan kekompakan itu juga didukung oleh semangat yang ditunjukan oleh Pemuda Pancasila kabupaten Solok, BPBD, Tagana, serta wali nagari dan seluruh masyarakatnya.

Dari data yang disampaikan oleh Ipda Lishardi, yang ikut tergabung dalam tim pencari orang hilang tersebut antara lain adalah Kasi Humas Polsek IX Koto Sungai Lasi Ipda Firdaus, Bhabimkantipmas nagari Koto Laweh Brigadir Randi Satria, Bhabimkantipmas nagari Tarung Tarung Bripka Hermon, sementara itu Babinsa dari jajaran Kodim 0309 Solok Kopda Laawardi, dan ikut dalam pencarian itu Camat IX Koto Sungai Lasi.

0 Comments:

Posting Komentar